Cara Memahami HTML Link dan Atribut-atribut Penting

HTML link atau hyperlink, adalah kata, sekumpulan kata, ataupun gambar yang apabila di-klik akan menuju ke dokumen/halaman lain atau bagian lain dari dokumen/halaman yang sama. Link di dalam dunia web tentu saja selalu kita jumpai dan sering kita fungsikan. Dalam dunia blog dan para blogger, sangat penting untuk mengetahui hal mendasar mengenai HTML link berserta atribut-atribut pentingnya agar dapat membuat navigasi link yang sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan, baik oleh pemilik blog itu sendiri maupun bagi pengunjung.

Tag dasar HTML link (hyperlink) adalah <a>, yang bisa digunakan dengan atribut href yang mengacu ke dokumen lain dan juga untuk membuat bookmark dengan menggunakan atribut name.

Kode HTML untuk sebuah link adalah:

<a href="url">anchor text<a/>

Kita lihat disitu digunakan atribut inti href yang mengacu ke url dari halaman yang dituju, sedangkan anchor text berada di antara dua tag a pembuka: <a>, dan penutup: </a>.
Contoh:

<a href="http://hariyanto-pay.blogspot.com/2011/05/hijjaz-permata-hijjaz-1431-2010.html">Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)<a/>

Pada browser, tag tersebut akan ditampilkan seperti ini:

Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)

Selain atribut inti href, terdapat pula beberapa atribut penting lain yang dapat ditambahkan pada tag <a>, misalnya target, name, rel, title, dan masih banyak lagi lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa atribut yang lazim dan fungsional saja untuk blog/website:

1. Target
Atribut target digunakan sebagai perintah pada browser untuk menampilkan dokumen dengan cara yang lebih spesifik. Secara default tanpa atribut target, browser akan membuka halaman tertentu pada window/tab yang sama. Dengan atribut traget, kita bisa menampilkan suatu halaman di tab/window lain yang lebih baru atau bagian frame lain pada suatu halaman web (bagi halaman web yang memiliki elemen frame).
contoh:

<a href="http://hariyanto-pay.blogspot.com/2011/05/hijjaz-permata-hijjaz-1431-2010.html" target="_blank">Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)<a/>
Tampilan pada browser tetap sama:

Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)

Silahkan klik link tersebut untuk melihat perbedaanya dengan link yang di atasnya.

2.Title
Title adalah bagian dari link yang berfungsi memberikan penjelasan yang lebih detil ataupun sama mengenai sebuah link. Title muncul sebagai tooltip ketika mouse berada di atas link.
Contoh penggunaan atribut title:

<a href="http://hariyanto-pay.blogspot.com/2011/05/hijjaz-permata-hijjaz-1431-2010.html" title="Download Full Album MP3 Nasyid">Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)</a>

berikut tampilan linknya, hover mouse anda di atas link:

Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)

Oke, itu tadi sekilas mengenai HTML link, silahkan bereksperimen dengan anchor text dan atribut link. Semoga bermanfaat

Sumber: Memahami HTML Link, Link Gambar, dan Atribut-atribut Penting

No comments:

Post a Comment