Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blogger

Facebook adalah sebuah social network yang luar biasa digemari oleh dunia. Jaringan sosial yang mampu membuat kita berinteraksi di dunia maya dengan teman lama atau baru kita. Semakin hari Facebook mengoptimalisasikan websitenya supaya tetap berada paling depan diantara situs lainnya. Dengan aplikasi-aplikasi yang di buat Facebook kita bisa terhubung dimana saja dan kapan saja, tidak lain halnya dengan blog.

Kotak komentat facebook memungkinkan pengunjung website atau blog anda untuk memberikan komentar pada konten situs anda, apakah itu untuk halaman web anda, artikel, foto, atau bagian lain dari isi blog. Pengunjung dapat secara langsung mengirimkan komentar tersebut ke dinding facebook dan dibagikan ke teman-teman mereka.

Untuk mengelola kotak komentar, anda harus terdaftar sebagai pengembang pada aplikasi yang digunakan untuk menginisialisasi SDK JavaScript. Sebuah link 'Administer comments' akan muncul di bawah tombol 'Posting' untuk pengembang aplikasi.

Sebelum membuat kotak komentar kamu harus mempunyai Unique ID dulu, sedangkan cara membuatnya silakan kunjungi : Facebook developer page, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


Kemudian Isilah nama situs, url situs dan lokasi, kemudian klik Buat Aplikasi, maka akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini:


Ambil ID Aplikasi Copy dulu di Notepad

Setelah itu kunjungi alamat Facebook ini http://developers.facebook.com/plugins, ada beberapa plugin yang bisa kamu gunakan namum disini yang kita bahas adalah kotak komentarnya jadi pilih comment plugin. Klik plugin "Comment" nanti akan muncul permintaan untuk menggunakan plugin komentar Facebook seperti gambar dibawah ini:



Kemudian isilah URL dengan nama blog kamu dan atur Number of posts, Width dan Color Scheme sesuai dengan keinginan kamu, setelah itu klik tombol Get Code. lalu copy code yang ada di kotak, kemudian masuk ke akun blogger, klik design, Edit HTML, klik button expand widget template dan letakkan kode tersebut tepat dibawah kode ini : <data:post.body/>

Kemudian klik Simpan, Kotak komentar facebook akan terletak tepat dibawah baris akhir artikel posting anda.

Bila anda hendak meletakkan kotak comment di sidebar blog anda, kembali ke dashboard blogger, klik page element. klik add gadget, pilih html/javaScript, dan paste code tersebut, klik save. Untuk mempermudah anda mencari letak kode gadget di html blog beri judul untuk gadget tersebut. Pada contoh gadget tersebut saya beri judul "Komentar facebook"

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment