Penyebab Komputer Lambat Loading

Komputer yang saya bahas kali ini adalah komputer secara umum, baik itu PC (Personal Computer) ataupun Laptop. Bila saat kamu mengalami komputer kamu tiba-tiba menjadi lambat itu adalah kejadian yang sangat wajar, Sekali lagi kondisi ini wajar, karena memang seperti inilah seharusnya komputer itu. Sangat mustahil bila komputer kita akan selalu sama kinerjanya dari tahun ke tahun. Beberapa penyebabnya adalah:
  1. Banyak program yang tidak terlalu dibutuhkan atau sama sekali tidak dibutuhkan terinstal di dalam system, solusinya uninstall program itu.
  2. Bila kita menginstal antivirus, kemungkinan virus-virus yang sudah terdeteksi dan masuk dalam karantina antivirus belum kita bersihkan, solusinya bersihkan virus yang masuk dalam karantina.
  3. Disebabkan oleh beberapa hal, system komputer anda mengalami crash atau bahkan korup. Biasanya akan muncul peringatan error di sana sini, solusinya install ulang windows dan program lainnya.
  4. Temporary file di system anda sudah menumpuk banyak, solusinya hapus file temporary.

Selain permasalahan diatas, yaitu permasalahan tentang software, maka lambatnya komputer bisa juga disebabkan oleh perangkat kerasnya

  1. Memory, memory komputer kamu sudah tidak lagi mendukung program-program baru yang biasanya membutuhkan memori yang lebih besar lagi.
  2. Hardisk, hardisk sebagai tempat penyimpan data memiliki umur terbatas, sehingga semakin lama usianya akan semakin turun kinerjanya.
  3. Prosesor, dalam hal ini pengaruh prosesor tidak terlalu besar, karena prosesor akan bekerja sesuai dengan desainnya, kalaupun bisa ditingkatkan kemampuannya hanya dengan cara OVER CLOCK.
  4. Kipas prosesor, kipas sebagai alat pendingin prosesor memiliki peran penting dalam menjaga keawetan prosesor, karena kipas yang bekerja kurang maksimal akan membuat prosesor cepat panas, dan mengakibatkan kerusakan pada motherboard.
  5. VGA (Video Graphic Accelerator), perangkat satu ini porsinya sama seperti prosesor, dia bekerja pada porsi yang sudah ditentukan desainnya, semakin tinggi kebutuhan grafis sebuah program maka akan semakin tinggi pula kebutuhannya terhadap kualitas VGA.
  6. Debu, yang satu ini tidak berpengaruh bila dalam jangka waktu pendek, tapi akan sangat berpengaruh dalam jangka waktu panjang.
Dalam komputer kita mengenal bahwa komputer dijalankan oleh sistem dengan istilah OPERATING SYSTEM (OS). Banyak sekali OS yang ada, mulai dari OS berbayar sampai dengan OS yang gratis. Beberapa OS dikenal adalah WINDOWS, LINUX dan ANDROID. Akan tetapi orang lebih familier dengan windows walaupun harganya sangat mahal. Satu keping CD windows bisa berharga sekitar 1 juta, bahkan lebih, tapi hal ini disiati dengan windows bajakan.

Bicara tentang windows, maka ada baiknya anda menyesuaikan kemampuan komputer dengan windows yang anda gunakan. Begitu juga kemudian bila anda hendak menginstal program, akan lebih baik bila anda mempertimbangkan 2 hal, yaitu spesifikasi komputer dan windows.
Untuk permasalah yang disebabkan oleh software sudah saya berikan solusinya, tapi untuk permasalahan pada hardware perlu dibicarakan lebih lanjut, karena ini menyangkut tentang dana yang akan dikeluarkan.

No comments:

Post a Comment