Cara Membuat Garis Tepi Posting di Blog

Banyak cara yang dilakukan oleh pemilik blog untuk memperindah tampilannya. Ada yang merubah bagian header, halaman posting maupun sidebar. Pada postingan ini menyoal pada halaman posting yang akan kita poles. Bagi kamu yang ingin memberi bingkai pada halaman posting dapat dilakukan sebagai berikut :
  1. Login ke Blogger dengan id panjenengan,kemudian pilih menu TATA LETAK, lalu EDIT HTML.
  2. Bernafas sebentar kemudian cari kode berikut ini,

  3. .post {

    Bila telah ketemu kodenya, tambahkan saja kode-kode dibawah ini, tepat dibawah kode tersebut.

    padding: 5px;
    Border-top: 3px solid #CCFB5D;
    Border-bottom: 3px solid #CCFB5D;
    Border-left: 3px solid #CCFB5D;
    Border-right: 3px solid #CCFB5D;
    Margin-bottom: 10px;

  4. Simpan hasil pekerjaan kamu, dan nikmati tampilan barunya.
Keterangan-keterangan :
  • Nb: #0000FF adalah kode warna Dark Olive Green1
  • Padding: 5px; = Jarak antara text post dengan garis pinggir(5px; bisa diganti dengan angka lain sesuai selera, makin tinggi angka jarak dari tepi akan semakin lebar)
  • Border-top: 3px solid #CCFB5D; = garis pinggir atas (3px bisa diganti semakin tinggi angka, maka akan semakin tebal garisnya)
  • Border-bottom: 3px solid #CCFB5D; = garis pinggir bawah (3px angka bisa diganti)
  • Border-left: 3px solid #CCFB5D; = garis pinggir kiri (3px angka juga bisa diganti)
  • Border-right: 3px solid #CCFB5D; = garis pinggir kanan (3px angka bisa diganti
  • Margin-bottom: 10px; = jarak antara post yang satu dengan yang lainnya(10px angka bisa diganti
Kode–kode di atas menunjukkan garis pinggirnya berwarna biru (light blue). Jika panjenengan ingin mengganti warnanya, hanya mengganti kode #0000FF dengan kode warna yang lain. Seluruh kode warna bisa dicari disini

Sumber: http://m-wali.blogspot.com

Cara Membuat Tombol Suka Facebook di Bawah Setiap Artikel

Wah, baru saja nih saya pasang widget yang satu ini. Widget yang sangat berguna. Kenapa enggak? Facebook menempati urutan kedua mengenai situs paling populer di dunia setelah Google. Nah, maka dari itu, ada baiknya kalo kita menggantungkan situs kita dengan facebook. Karena dengan begitu, situs kita dapat tetap eksis di kalayak umum tanpa mempublikasikan ke sana sini. Langsung saja ke intinya.

Bagi yang suka silakan ikuti panduannya dibawah ini:
  1. Log In dulu ke blogger.
  2. Klik Rancangan lalu pilih Edit HTML.
  3. Centang Expand Template Widget dan back up dulu template anda.
  4. Cari kode seperti ini : <data:post.body/>
  5. Catatan: Jika ada dua kode yang sama seperti diatas pilih kode yang kedua.

  6. Setelah ketemu tambahkan kode berikut ini di bawah kode tadi.
  7. <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=100&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:410px; height:40px;'/></b:if>
    Warna merah, bisa diganti dengan kode warna yang lain, light untuk template putih dan dark untuk template warna hitam.

  8. Save template
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!!!!
Sumber: http://artinyakehidupan.blogspot.com

Resetter Epson Printer C90

Kebetulan saya menggunakan printer epson C90, karena printer jenis ini memiliki kualitas cetak yang memuaskan, dan perawatanya tidak rewel. dan berikut ini saya share cara melakukan reset-nya supaya bisa di gunakan kembali.

Pada beberapa printer generasi sekarang seperti pruduk epson ini oleh pabrik pembuatnya di buat batas cetak, yaitu sebuah counter untuk mengindikasikan bahwa printer telah mencapai puncak kerja yang maksimum. Saya rasa tujuan produsen melakukan hal ini adalah sekedar pengingat saja. Indikasi bahwa printer sudah waktunya di reset ini adalah blinking (kedip-kedip) dan catridge tak mau bergerak.

Oke, langsung saja untuk cara me-reset printer epson C90
  1. Download software-nya: download resetter epson C90, setelah selesai extract filenya karena dalam bentuk rar.
  2. Pasang dan hidupkan printer epson C90 yg akan di reset.
  3. Rubah tanggal PC anda menjadi 11 Juli 2007, cara gampangnya, lihat pada taskbar pojok-kanan-bawah, klik-kanan, lalu pilih "Adjust Date/Time", lalu rubah waktu menjadi tanggal 11 juli 2007


  4. Buka file AdjProg.exe yang tadi di download, jika tanggal sudah benar di rubah ke 11 Juli 2007 maka akan tampil seperti di bawah ini:


  5. Klik, Accept
  6. Lanjut pada tampilan berikutnya: Klik Particular adjustment mode.
  7. Pada jendelaq Adjusment Program yg muncul pilih dan klik "waste ink pad counter". Pastikan printer sudah connect dan on, klik "Check"
  8. Maka akan mucul konfirmasi "The waste ink pad counter value has been read properly"
  9. Klik, Ok, lalu klik " Initialization ", setelahnya anda akan di minta mematikan printer, lalu menghidupkannya lagi, Klik Ok
  10. Pada tahap ini, printer anda telah di reset, untuk mengetahuinya klik -Check, lalu lihat pada tab "Main pad counte", jika nilainya sudah menjadi "0" point, berarti sukses.
  11. Silahkan "Normalkan" kembali tanggal/waktu komputer anda yg tadi di ganti menjadi 11 juli 2007.
  12. Klik "Finish" Dan tutup program resetter C90 tersebut.

Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di Blogger

Facebook adalah sebuah social network yang luar biasa digemari oleh dunia. Jaringan sosial yang mampu membuat kita berinteraksi di dunia maya dengan teman lama atau baru kita. Semakin hari Facebook mengoptimalisasikan websitenya supaya tetap berada paling depan diantara situs lainnya. Dengan aplikasi-aplikasi yang di buat Facebook kita bisa terhubung dimana saja dan kapan saja, tidak lain halnya dengan blog.

Kotak komentat facebook memungkinkan pengunjung website atau blog anda untuk memberikan komentar pada konten situs anda, apakah itu untuk halaman web anda, artikel, foto, atau bagian lain dari isi blog. Pengunjung dapat secara langsung mengirimkan komentar tersebut ke dinding facebook dan dibagikan ke teman-teman mereka.

Untuk mengelola kotak komentar, anda harus terdaftar sebagai pengembang pada aplikasi yang digunakan untuk menginisialisasi SDK JavaScript. Sebuah link 'Administer comments' akan muncul di bawah tombol 'Posting' untuk pengembang aplikasi.

Sebelum membuat kotak komentar kamu harus mempunyai Unique ID dulu, sedangkan cara membuatnya silakan kunjungi : Facebook developer page, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


Kemudian Isilah nama situs, url situs dan lokasi, kemudian klik Buat Aplikasi, maka akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini:


Ambil ID Aplikasi Copy dulu di Notepad

Setelah itu kunjungi alamat Facebook ini http://developers.facebook.com/plugins, ada beberapa plugin yang bisa kamu gunakan namum disini yang kita bahas adalah kotak komentarnya jadi pilih comment plugin. Klik plugin "Comment" nanti akan muncul permintaan untuk menggunakan plugin komentar Facebook seperti gambar dibawah ini:



Kemudian isilah URL dengan nama blog kamu dan atur Number of posts, Width dan Color Scheme sesuai dengan keinginan kamu, setelah itu klik tombol Get Code. lalu copy code yang ada di kotak, kemudian masuk ke akun blogger, klik design, Edit HTML, klik button expand widget template dan letakkan kode tersebut tepat dibawah kode ini : <data:post.body/>

Kemudian klik Simpan, Kotak komentar facebook akan terletak tepat dibawah baris akhir artikel posting anda.

Bila anda hendak meletakkan kotak comment di sidebar blog anda, kembali ke dashboard blogger, klik page element. klik add gadget, pilih html/javaScript, dan paste code tersebut, klik save. Untuk mempermudah anda mencari letak kode gadget di html blog beri judul untuk gadget tersebut. Pada contoh gadget tersebut saya beri judul "Komentar facebook"

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Cara Mengimpor Postingan dari Blog ke dalam Facebook

Cara Mengimpor Postingan Dari Blog Ke Dalam Facebook sudah tidak asing lagi di telinga kita, setiap hari kita mencurahkan isi hati kita atau sekedar ingin ber-ekspresi semua kita tumpahkan dalam blog. Tidaklah sempurna apabila Facebook belum memenuhi criteria judul diatas, Facebook telah menyediakan sebuah fitur yang memudahkan anda untuk mengimpor postingan blog eksternal yang dimiliki kedalam account Facebook anda. Postingan itu akan muncul bersama note-note yang anda miliki sebelumnya. Melalui fitur impor blog ini, Facebook akan secara otomatis melakukan update setiap kali anda menulis di blog eksternal tadi. Namun sebelum itu, pastikan bahwa jumlah postingan yang akan anda impor berada dalam jumlah yang wajar, karena Facebook dapat saja melakukan blok atau men-disable account anda jika mereka rasa anda sudah melebihi batas.

Seperti biasa, mari kita ikuti langkah-langkah yang sudah kami susun sebelumnya untuk mengimpor postingan dari blog kedalam account Facebook anda:

1. Login ke dalam account Facebook anda. Masuk ke Profil. Kemudian pilih menu Catatan yang terletak di bagian bawah Photo Profil jika ingin menuliskan Catatan secara manual.



2. Pada bagian Pencarian (paling atas), ketikan kata Catatan lalu tekan enter. Klik menu Sunting pengaturan impor untuk masuk ke halaman Impor Blog.



3. Pada Kolom web URL, masukkan alamat blog atau RSS feed, yang akan anda tampilkan postingannya pada account Facebook anda. Kemudian beri centang pada bagian pernyataan yang berhubungan dengan isi blog yang akan anda imporkan. Klik tombol Mulai Mengimpor untuk mulai mengimpor beberapa postingan yang ada di blog anda tadi.



4. Beberapa saat kemudian, Facebook akan menampilkan beberapa postingan yang terdapat di blog anda tadi. Klik tombol Konfirmasi.



5. Dan sekarang, pada bagian catatan telah ditambahkan beberapa Catatan baru yang diambil dari postingan yang ada di blog anda sebelumnya. Beserta informasi-informasi tanggal dimana anda menulis postingan tersebut.

6. Facebook juga tidak lupa memberikan notifikasi update terhadap note-note baru yang dimasukkan tadi pada halaman wall anda, sehingga setiap kali anda melakukan Update blog anda, teman-teman anda juga akan segera mengetahuinya.

Nah sepertinya langkah-langkah mudah diatas bisa menjadi referensi anda kedepannya untuk mengenalkan blog anda kepada orang-orang yang terhubung dengan anda di Facebook.

Cara Menampilkan Judul Posting Saja Pada Label dan Arsip Blog

Terkadang akan sangat lama dan menjemukan apabila kita membuka halaman label atau arsip blog yang jumlah postingnya sudah banyak. Bahkan, semakin tidak efisien lagi jika membuka halaman lain untuk melihat daftar/list posting yang lebih lama. So, menampilkan judul posting saja pada bagian label dan arsip dapat membuat loading halaman lebih cepat dan visitor dapat lebih cepat melihat daftar semua judul posting yang ingin dibaca. Contohnya seperti gambar yang ditampilkan di bawah ini:



Siap mengubah tampilan halaman label dan arsip blog anda dengan cara tersebut?
Oke, kalo begitu lanjuuut ke cara menampilkan judul posting saja di label dan arsip Blogspot:
  1. Masuk ke dashboard > Design/Rancangan > Klik 'expand widget template'.
  2. Cari kode: <b:include data='post' name='post'/> (Ctrl+F)
  3. Ganti dengan script ini:
  4. <!--Judul post saja di label dan arsip-->
    <b:if cond='data:blog.searchLabel'>
    <h3 class='title-only'><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></h3>
    <b:else/>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
    <h3 class='title-only'><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></h3>
    <b:else/>
    <b:include data='post' name='post'/>
    </b:if>
    </b:if>
    <!--Buka-rahasia.blogspot.com-->
  5. Save template HTML.
  6. Done!
  7. Coba dicek hasilnya pada halaman label dan archive blog.

  8. Jika ingin menampilkan judul posting saja khusus di label, ambil perintah pada b if cond label dan b include posting saja:
    <!--Judul posting saja di label-->
    <b:if cond='data:blog.searchLabel'>
    <h3 class='title-only'><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></h3>
    <b:else/>
    <b:include data='post' name='post'/>
    </b:if>
    <!--Buka-rahasia.blogspot.com-->
    Jika ingin menampilkan judul posting saja khusus di arsip, ambil perintah pada b if cond archive dan b include posting saja:
    <!--Judul posting saja di arsip-->
    <b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
    <h3 class='title-only'><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></h3>
    <b:else/>
    <b:include data='post' name='post'/>
    </b:if>
    <!--Buka-rahasia.blogspot.com-->
Sumber: Cara Menampilkan Judul Posting Saja Pada Label dan Arsip Blog

Cara Memahami HTML Link dan Atribut-atribut Penting

HTML link atau hyperlink, adalah kata, sekumpulan kata, ataupun gambar yang apabila di-klik akan menuju ke dokumen/halaman lain atau bagian lain dari dokumen/halaman yang sama. Link di dalam dunia web tentu saja selalu kita jumpai dan sering kita fungsikan. Dalam dunia blog dan para blogger, sangat penting untuk mengetahui hal mendasar mengenai HTML link berserta atribut-atribut pentingnya agar dapat membuat navigasi link yang sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan, baik oleh pemilik blog itu sendiri maupun bagi pengunjung.

Tag dasar HTML link (hyperlink) adalah <a>, yang bisa digunakan dengan atribut href yang mengacu ke dokumen lain dan juga untuk membuat bookmark dengan menggunakan atribut name.

Kode HTML untuk sebuah link adalah:

<a href="url">anchor text<a/>

Kita lihat disitu digunakan atribut inti href yang mengacu ke url dari halaman yang dituju, sedangkan anchor text berada di antara dua tag a pembuka: <a>, dan penutup: </a>.
Contoh:

<a href="http://hariyanto-pay.blogspot.com/2011/05/hijjaz-permata-hijjaz-1431-2010.html">Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)<a/>

Pada browser, tag tersebut akan ditampilkan seperti ini:

Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)

Selain atribut inti href, terdapat pula beberapa atribut penting lain yang dapat ditambahkan pada tag <a>, misalnya target, name, rel, title, dan masih banyak lagi lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa atribut yang lazim dan fungsional saja untuk blog/website:

1. Target
Atribut target digunakan sebagai perintah pada browser untuk menampilkan dokumen dengan cara yang lebih spesifik. Secara default tanpa atribut target, browser akan membuka halaman tertentu pada window/tab yang sama. Dengan atribut traget, kita bisa menampilkan suatu halaman di tab/window lain yang lebih baru atau bagian frame lain pada suatu halaman web (bagi halaman web yang memiliki elemen frame).
contoh:

<a href="http://hariyanto-pay.blogspot.com/2011/05/hijjaz-permata-hijjaz-1431-2010.html" target="_blank">Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)<a/>
Tampilan pada browser tetap sama:

Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)

Silahkan klik link tersebut untuk melihat perbedaanya dengan link yang di atasnya.

2.Title
Title adalah bagian dari link yang berfungsi memberikan penjelasan yang lebih detil ataupun sama mengenai sebuah link. Title muncul sebagai tooltip ketika mouse berada di atas link.
Contoh penggunaan atribut title:

<a href="http://hariyanto-pay.blogspot.com/2011/05/hijjaz-permata-hijjaz-1431-2010.html" title="Download Full Album MP3 Nasyid">Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)</a>

berikut tampilan linknya, hover mouse anda di atas link:

Hijjaz - Permata Hijjaz 1431 (2010)

Oke, itu tadi sekilas mengenai HTML link, silahkan bereksperimen dengan anchor text dan atribut link. Semoga bermanfaat

Sumber: Memahami HTML Link, Link Gambar, dan Atribut-atribut Penting

Feedjit, Web Traffic Widget

Satu lagi widget web traffic yang dapat dipasang pada web atau blog anda yaitu Feedjit.Seperti widget-widget web traffic lainnya, Feedjit widget ini dapat menampilkan negara asal pengunjung yang sudah berkunjung keblog anda dan juga dapat di ketahui dari mana pengunjung tersebut mengakses blog anda.
Feedjit widget ini juga dapat menampilkan peta lokasi dan alamat 100 pengunjung terakhir keblog anda.Jadi dengan mudah anda ketahui lokasi para pengunjung blog anda dengan melihat peta yang dilink oleh Feedjit ini.
Setelah dilaunching kurang lebih sebulan yang lalu, sudah hampir empat juta widget expression masuk keserver Feedjit ini.Tidak ada salahnya jika anda mencoba widget yang satu ini.

Cara Membuat Widget Blog Rata Tengah

Biasanya jika kita memasang widget di blog otomatis akan ditempatkan rata kiri seperti gambar dibawah ini pada widget Rank Alaxa :



Nah jika tampilannya lebih enak dilihat atau menrik dan biar blog terlihat rapi maka tips dari saya adalah membuat widget tersebut rata tengah, contohnya seperti ini :



Nah caranya adalah simple dan sederhana kita hanya menambahkan kode <center> pada awal dan </center> pada akhir kode widget contohnya seperti ini :

<center>
Letakkan Kode wideget Anda disini
</center>

Nah sederhana bukan...
Silahkan mencobanya semoga bermanfaat!!!

Cara Memasang Widget Recent Post dari Blogger

Postingan terbaru atau biasa disebut recent posts merupakan informasi singkat yang menampilkan judul postingan terakhir/terbaru secara berurutan untuk memudahkan pengunjung melihat postingan terbaru kita. Sebenarnya jika sobat jeli, widget recent posts ini ada didalam fasilitas yang disediakan oleh blogger. Tidak usah panjang lebar, langsung saja kita menuju lokasi.
  1. Seperti biasa sobat login dahulu ke blogger.
  2. Kemudian pada Elemen Halaman klik Tambah Gadget.
  3. Pilih Unggulan.
  4. Lalu pilih Recent Posts.
  5. Pada halaman pengaturan, silahkan sobat ganti Blog Url dengan alamat blog sobat. Untuk Height merupakan tinggi dari widget, Number of posts to display adalah jumlah postingan yang akan ditampilkan, Summary length adalah panjang karakter isi postingan yang akan ditampilkan. Untuk yang lain – lain sobat contreng saja semua.
  6. Dibawahnya ada preview recent posts untuk memudahkan sobat melihat seperti apa hasilnya nanti.
  7. Setelah itu jangan lupa Simpan.
Silahkan lihat hasilnya, mudah khan.

Cara Membuat Artikel Terkait (Related Post) Di Blogspot

Pengertian Related Post atau Artikel Terkait adalah posting atau artikel yang berhubungan dengan artikel lainnya berdasarkan atas kesamaan nama kategori atau label postingan, tetapi artikel tersebut tidak selalu sama topiknya, bisa juga membahas tentang hal lain, tetapi masih mempunyai relevansi dengan tujuan artikel tersebut, misalnya yang sedang anda baca sekarang adalah artikel dengan judul Cara Membuat Artikel Terkait (Related Post) Di Blogspot, kemudian terkait dengan artikel lain yang berjudul Cara Membuat Widget Blog Rata Tengah, disini kesamaannya adalah artikel tersebut sama-sama membahas tentang blog.

Oleh karena itu jika hendak memasukan kategori atau label pada postingan sebaiknya betul-betul diperhatikan apakah postingan tersebut mempunyai relevansi dengan postingan lainnya atau tidak, apabila tidak sebaiknya dibuatkan kategori atau label baru saja, tujuannya supaya pembaca blog kita tidak kecewa.

OK, sekarang kita mulai mengulas tentang Cara Pasang Artikel Terkait (Related Post) pada Blogspot, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Login ke account blogger Anda.
  2. Pilih menu Tata Letak/Layout » Edit HTML.
  3. Beri tanda centang pada tulisan Expand Widget Templates.
  4. Copy-paste script berikut di atas kode </head>:
    <script type="text/javascript">
    //<![CDATA[
    var relatedTitles = new Array();
    var relatedTitlesNum = 0;
    var relatedUrls = new Array();
    function related_results_labels(json) {
    for (var i = 0; i < json.feed.entry.length; i++) {
    var entry = json.feed.entry[i];
    relatedTitles[relatedTitlesNum] = entry.title.$t;
    for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
    if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
    relatedUrls[relatedTitlesNum] = entry.link[k].href;
    relatedTitlesNum++;
    break;
    }
    }
    }
    }
    function removeRelatedDuplicates() {
    var tmp = new Array(0);
    var tmp2 = new Array(0);
    for(var i = 0; i < relatedUrls.length; i++) {
    if(!contains(tmp, relatedUrls[i])) {
    tmp.length += 1;
    tmp[tmp.length - 1] = relatedUrls[i];
    tmp2.length += 1;
    tmp2[tmp2.length - 1] = relatedTitles[i];
    }
    }
    relatedTitles = tmp2;
    relatedUrls = tmp;
    }
    function contains(a, e) {
    for(var j = 0; j < a.length; j++) if (a[j]==e) return true;
    return false;
    }
    function printRelatedLabels() {
    var r = Math.floor((relatedTitles.length - 1) * Math.random());
    var i = 0;
    document.write('<ul>');
    while (i < relatedTitles.length && i < 20) {
    document.write('<li><a href="' + relatedUrls[r] + '">' +
    relatedTitles[r] + '</a></li>');
    if (r < relatedTitles.length - 1) {
    r++;
    } else {
    r = 0;
    }
    i++;
    }
    document.write('</ul>');
    }
    //]]>
    </script>
  5. Kemudian cari kode berikut:

    <b:if cond='data:post.labels'>
    <data:postLabelsLabel/>
    <b:loop values='data:post.labels' var='label'>
    <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a><b:if cond='data:label.isLast != "true"'>,</b:if>
    </b:loop>
    </b:if>

  6. Setelah itu tambahkan kode berwarna merah sehingga menjadi seperti di bawah ini:
    <b:if cond='data:post.labels'>
    <data:postLabelsLabel/>
    <b:loop values='data:post.labels' var='label'>
    <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a><b:if cond='data:label.isLast != "true"'>,</b:if>

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <script expr:src='"/feeds/posts/default/-/" + data:label.name + "?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=10"' type='text/javascript'/>
    </b:if>

    </b:loop>
    </b:if>
  7. Kemudian letakkan kode berwarna merah di bawah kode ini: </b:loop></b:if>, contohnya seperti di bawah ini:
    </b:loop>
    </b:if>

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <h4>Artikel Terkait</h4>
    <script type="text/javascript">
    removeRelatedDuplicates();
    printRelatedLabels();
    </script>
    </b:if>
  8. Simpan Template, Selesai.
Untuk membuat artikel terkait versi II, silahkan sobat baca postingan saya tentang cara memasang artikel terkait di sidebar.

= = = = = = = => Selamat Mencoba, Semoga Sukses!!! <= = = = = = = =

Sumber: http://www.serba-tersedia.co.cc

Cara Memasang Widget Artikel Terkait di Sidebar

Postingan tentang artikel terkait (related post) ini sudah sering di bahas, tepatnya disini, disono dan nengkene. Namun ketiga postingan tersebut tidak ada yang membahas cara menampilkan artikel terkait di sidebar.

Pengunjung akan disuguhkan artikel terkait milik sobat di sebelah postingan atau di sidebar, bukan dibawah postingan yang selama ini kita lihat.
Sebenarnya artikel terkait ini bisa juga diletakkan dibawah postingan, tapi saya tidak akan membahasnya karena sudah pernah saya bahas di postingan saya yang lalu.

Baiklah, sekarang ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :
Langkah I
  1. Seperti biasa login dulu ke blogger.
  2. Masuk ke Elemen Halaman.
  3. Kemudian Tuju Edit HTML.
  4. Klik Expand Template Widget.
  5. Letakkan kode berikut ini sebelum kode </head>
  6. <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    var relatedTitles = new Array();
    var relatedTitlesNum = 0;
    var relatedUrls = new Array();
    function related_results_labels(json) {
    for (var i = 0; i < json.feed.entry.length; i++) {
    var entry = json.feed.entry[i];
    relatedTitles[relatedTitlesNum] = entry.title.$t;
    for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
    if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
    relatedUrls[relatedTitlesNum] = entry.link[k].href;
    relatedTitlesNum++;
    break;
    }
    }
    }
    }
    function removeRelatedDuplicates() {
    var tmp = new Array(0);
    var tmp2 = new Array(0);
    for(var i = 0; i < relatedUrls.length; i++) {
    if(!contains(tmp, relatedUrls[i])) {
    tmp.length += 1;
    tmp[tmp.length - 1] = relatedUrls[i];
    tmp2.length += 1;
    tmp2[tmp2.length - 1] = relatedTitles[i];
    }
    }
    relatedTitles = tmp2;
    relatedUrls = tmp;
    }
    function contains(a, e) {
    for(var j = 0; j < a.length; j++) if (a[j]==e) return true;
    return false;
    }
    function printRelatedLabels() {
    var r = Math.floor((relatedTitles.length - 1) * Math.random());
    var i = 0;
    document.write('<ul>');
    while (i < relatedTitles.length && i < 20) {
    document.write('<li><a href="' + relatedUrls[r] + '">' + relatedTitles[r] + '</a></li>');
    if (r < relatedTitles.length - 1) {
    r++;
    } else {
    r = 0;
    }
    i++;
    }
    document.write('</ul>');
    }
    //]]>
    </script>
  7. Kemudian cari kode seperti dibawah ini :
  8. <b:if cond='data:post.labels'>
    <data:postLabelsLabel/>
    <b:loop values='data:post.labels' var='label'>
    <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a><b:if cond='data:label.isLast != "true"'>,</b:if>
    </b:loop>
    </b:if>
  9. Lalu sisipkan kode yang berwarna merah, sehingga hasilnya menjadi seperti berikut :
  10. <b:if cond='data:post.labels'>
    <data:postLabelsLabel/>
    <b:loop values='data:post.labels' var='label'>
    <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a><b:if cond='data:label.isLast != "true"'>,</b:if>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <script expr:src='"/feeds/posts/default/-/" + data:label.name + "?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=10"' type='text/javascript'/>
    </b:if>
    </b:loop>
    </b:if>
    Ket: Sebelum di save kode max-results=10 (ini adalah kode untuk menampilkan berapa banyak artikel yang akan ditampilkan perlabel), bisa teman-teman ubah semisal hanya 5 atau 8.
  11. Simpan Template, sampai disini proses Edit HTML sudah selesai.
  12. Sekarang sobat tuju Tata Letak, kemudian klik Tambah Gadget pada sidebar milik sobat.
  13. Pilih yang HTML/Javascript, kemudian masukkan kode berikut :

  14. <script type="text/javascript">
    removeRelatedDuplicates();
    printRelatedLabels();
    </script>

  15. Jangan lupa beri judul, lalu klik Simpan.
Sampai disitu sudah selesai pembuatan artikel terkait di sidebar. Namun artikel terkait akan selalu muncul di halaman depan blog, untuk membuat artikel terkait hanya muncul pada halaman postingan saja, maka sobat harus mengubah beberapa kode lagi.

Langkah II
  1. Klik Edit HTML.
  2. Klik Expand Template Widget.
  3. Cari kode yang seperti ini, dan sisipkan kode yang berwarna merah :
  4. <b:widget id='HTML11' locked='false' title='Artikel Terkait Lainnya' type='HTML'>
    <b:includable id='main'>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <!-- only display title if it's non-empty -->
    <b:if cond='data:title != ""'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
    </b:if>
    <div class='widget-content'>
    <data:content/>
    </div>
    <b:include name='quickedit'/>
    </b:if>
    </b:includable>
    </b:widget>
  5. Kemudian klik Simpan Template.
  6. Untuk tulisan HTML 11 dan Artikel Terkait Lainnya, hanya mengambil dari template saya, silahkan sobat sesuaikan dengan template dan judul artikel terkait yang tadi sudah sobat buat.
Selamat mencoba !

7 Rahasia Mempercepat Kinerja Windows XP

Ingin meningkatkan perfoma komputer atau notebook Anda lebih cepat dengan cara aman dan tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun? Memang ada caranya? Ya, tanpa mengupgrade memori ataupun mengganti prosesor, sebenarnya kinerja komputer/notebook Anda dapat ditingkatkan dengan beberapa cara. Khusus untuk Operating System (OS) Windows XP, ada 6 [+1] cara meningkatkan kinerja OS Anda.

1. Non-aktifkan Program Start-Up Extra

Ada beberapa program aplikasi yang memiliki sifat carrier (bawaan) yang mengeksekusi program tersebut pada saat kita baru menghidupkan komputer (start-up). Contoh umum adalah program Updater Acrobat, Real Player, AOL, MS Groove, Winamp, Matlab, YM dan masih banyak lagi. Jika program ini aktif ketika start-up, maka antara start-up hingga dalam keadaan normal (ready) akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, non-aktifkanlah program-program yang tidak diperlukan pada awal start-up. Sebaiknya semua program aplikasi non-Windows dan antivirus, maka non-aktifkanlah. Berikut langkah-langkahnya :

Klik Start, lalu klik Run..
Ketiklah msconfig , lalu tekan enter atau klik OK.
Akan tampil System Configuration Utility
Pilih dan kliklah Startup
Pada tab Startup, Anda akan melihat box-box akan ditandai check list hijau (v). Pelajarilah setiap item tersebut dengan melihat Command. Cobalah hilangkan checklist hijau (v) pada item-item program yang tidak diinginkan. Program-program dengan command C:Windows sebaiknya dibiarkan seperti kondisi semula.
Setelah beberapa item telah di unchekc (menghilangkan v pada box), maka kliklah Apply dan/atau OK. Akan ada konfirmasi apakah ingin restart?
Setelah restart, pada layar akan muncul konfirmasi lagi, dan pilihlah “option for not showing this dialogue every
time your PC reboots“

2 . Optimasi Aturan Tampilan (Display Setting)

Secara normal, Windows XP memberi tampilan yang “indah”, dan tentu saja ini membutuhkan resource (cadangan memori) yang berlebih. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memilih tampilan yang biasa-biasa saja alias sederhana. Berikut caranya:

Klik start, lalu klik kanan My Computer
Pilih dan kliklah Properties
Akan muncul System Properties
Pilihlah Advanced
Pada Perfomance, kliklah Setting
Akan muncul Perfomance Option dan Visual Effect
Klik Custom dan silahkan hilangkan beberapa item check list pada box, dan biarkan item-item dibawah ini tetap check (v).
Use visual styles on windows and buttons
Show shadows under menus
Show shadows under mouse pointer
Show translucent selection rectangle
Show Window contents when dragging
Slide taskbar buttons
Use common tasks in folders
Use drop shadows for icons labels on the desktop
Silahkan klik Apply. Dan kemudian klik OK.

3. Mempercepat Browsing File

Anda pasti mengalami ketika membuka “My Computer” untuk menelusuri folder-folder terjadi delay (butuh waktu beberapa saat). Hal ini disebabkan karena Windows XP secara otomatis sedang mencari file-file network dan printer setiap kali Anda membuka Windows Explorer. Untuk mempercepat kinerja ini, maka lakukanlah :

Klik start, dan double klik My Computer
Kliklah menu Tools (bagian atas)
Pilihlah Folder Options
Muncul box Folder Options, dan pilihlah View
Hilangkan check (v) pada Automatically search for network folders and
printers check box
Klik Apply dan selanjutnya OK.
Perubahan hasil akan terlihat setelah restart.

4. Jalankan Disk CleanUp

OS Windows maupun progam aplikasi selalu “menitip” file sementara (temporary files) di “sekeliling” hard disk Anda, sehingga membutuhkan space. Hal ini akan membuat kondisi hard disk akan “full” sehingga akan mempengaruhi faktor kecepatan Windows serta mengurangi efisiensi akses hard disk dan operasi memori virtual. Fenonema ini umumnya menjadi masalah ketika komputer kita digunakan untuk browsing dan surfing internet dengan frekuensi tinggi. Cara “penyembuhan”-nya adalah

Klik start, dan double klik My Computer
Klik kanan pada Drive C hard disk
Kliklah Disk Cleanup
Tunggulah beberapa saat dan akan muncul Disk Cleanup for (C:)
Pilihlah (berikan check list V) pada Temporary Internet Files and Recycle Bin
Klik OK dan selesai
Catatan : sebaiknya dilakukan 1 atau 2 minggu sekali

5. Disk Defragmenter

Sering mengcopy dan mendelete file-file dalam hard disk menyebabkan susunan file-file dalam hard disk berantarakan. Antara file folder A akan berserakan diantara folder B, C, atau D. Dan juga sebaliknya file folder B bisa berserakan diantara space folder A, C atau D dan seterusnya. Hal ini akan memperlambat kinerja Windows dalam mengakses data (pembaca hard disk akan mencari file-file cakram pada hard disk yang telah berserakan). Dan biasanya, setelah penggunaan dan peng-copy-an/ pen-delete-an terjadi selama 1, 2, 3 atau 4 bulan, maka struktur file akan berserakan. Untuk itu, kita perlu merapikan file tersebut. Caranya sebagai berikut :

Klik start dan pilih All Programs
Pilih Accessories
Pilih System Tools
Pilih Disk Defragmenter
Akan muncul “Disk Defragmenter” dengan tampilan volume hard disk kita
Kliklah Volume C, dan klik Analyze
Setelah beberapa saat, akan muncul hasil analisisnya. Akan muncul hasil yakni “You do not need to defragment this volume” atau “You need to defragment this volume“.
Jika yang muncul adalah “You need to defragment this volume“, maka kliklah Defragment. Jika sebaliknya, maka kliklah Close.
Setelah seleasai di C, Anda dapat mengecek untuk partisi hard disk di D, E dan seterusnya.
Catatan : lakukan pengecekan dan/atau defragment 2 atau 3 bulan sekali. Jangan sering-sering defragment karena akan berdampak buruk pada hard disk. Maksimum sekali dalam 2 bulan atau lebih.

6. Bersihkan Sistem Register yang Tidak digunakan *

Cara 6 agak sulit karena membutuhkan program untuk membersihkan/mendelete sistem register program-program yang sudah tidak digunakan lagi (sisa-sisa uninstall program). Disamping itu, banyak juga file-file register yang error dalam OS Windows seiring berjalannya waktu. Hal ini akan memperlambat kinerja Windows. Oleh karena itu, secara periodik (mungkin 3 atau 6 bulan sekali) kita perlu me’maintenance” file-file register yang bermasalah. Beberapa program membersihkan sistem register seperti Ashampoo TuneUp Utilities, RegCure dan masih banyak lagi. Sebenarnya, jika Anda mengerti fungsi register pada Windows, Anda dapat melakukannya secara manual melalui command regedit. Namun, agak sulit untuk awam.

7. Rahasia Tambahan +3

Selain 6 langkah tersebut, sebenarnya ada beberapa cara lain seperti :

Pemilihan program antivirus yang efisien, efektif dan handal. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak antivirus yang handal justru memperlambat kinerja Windows. Penggunaan jenis antivirus sangat bergantung pada “perlakuan” yang diberikan pada komputer/laptop Anda. Jika komputer Anda sering dimasukin flash disk atau download “aneh-aneh”, maka sebaiknya menggunakan antivirus yang handal. Jika tidak, Anda bisa tanpa menggunakan antivirus, namun dengan proteksi manual. Baca : Melindungi Komputer Secara Manual dari Serangan Virus
Setting “Direct Memory Access” (DMA)
Menon-aktifkan index file di Windows Component

Penutup

Sekianlah tip untuk mempercepat kinerja OS Windows Anda. Terdiri dari 5 cara praktis ditambah 4 tambahan umum. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Melindungi Komputer Secara Manual dari Serangan Virus (Windows)

Mendengar frasa virus komputer, cenderung kita akan kesal, dari melambatnya kinerja OS kita, hingga hilangnya data-data kita yang sangat berharga. Jauh sebelumnya, ketika virus brontok.exe menyebar luas dan varian-varian trojan yang tidak mampu dibasmi oleh antivirus konvensional (sistem restore Windows tidak bisa berfungsi), maka saya hanya memformat ulang OS saya. Dan media yang paling banyak berkontribusi dlaam penyebaran virus adalah flash disk, disamping cd atau internet.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk melindungi komputer kita dari serangan virus yang saling melengkapi. Tool yang paling sering adalah program antivirus. Saya sendiri menggunakan McAfee, dan mau tidak mau harus rutin melakukan update (minimal 1 minggu sekali). Tentu saja, dengan adanya program antivirus tidak menjamin komputer kita aman dari virus-virus yang selalu tumbuh dan berkembang. Terlebih, program antivirus belum sempat kita update.

Selain program antivirus, saya juga memperkuat sistem pertahanan komputer saya dari kemungkinan terinfeksi virus. Jika hanya kita sendiri yang menggunakan Personal Computer (PC) atau notebook (NB), maka kita sebenarnya mampu menjadi operator antivirus secara manual. Namun demikian, jika PC atau NB kita digunakan secara bersama oleh beberapa orang, maka kita dapat memberi informasi dan saling menjaga agar PC/NB bebas dari infeksi virus.

Berikut, ada tiga “tembok perlindungan” yang mampu meminimalisasi penyebaran virus di PC/NB Anda (khusus untuk OS Windows 2000 up):

1. Matikan (Turn off) Autoplay

Dengan mematikan autoplay (menjalankan media data secara otomatis), maka PC/NB tidak akan menginstall atau menjalankan file atau aplikasi yang terinfeksi virus. (kecuali Anda mengklik file bervirus) Caranya:

  1. Kliklah Start Windows
  2. Klik Run
  3. Ketiklah gpedit.msc pada Run, dan tekan enter atau OK [gpedit untuk mengedit sejumlah perintah atau policy dalam sistem OS kita]
  4. Maka akan muncul tampilan Group Policy
  5. Klik Adminstrative Template (Computer Configuration)
  6. Pilihlah System
  7. Lalu, kliklah Turn off Autoplay
  8. Pilihlan Enabled dan All Drives pada Turn off Autoplay on
  9. Klik OK.
  10. Setelah itu ulangi langkah yang sama dengan langkah ke-5, namun pilihan kita sekarang adalah Administrative Template untuk User Configuration.
  11. Pilihlah submenu Systems
  12. Lalu, kliklah Turn off Autoplay
  13. Pilihlan Enabled dan All Drives pada Turn off Autoplay on
  14. Klik OK.

2. Pengontrolan Manual : Show Extension File, Hidden File, dan Hide Protected OS Files (optional)

Langkah kedua adalah mengaktifkan pilihan menu file untuk menunjukkan jenis ekstensi file, file tersembunyi dan file yang dilindungi Windows (pilihan saja). Dengan syarat Anda mengerti tentang jenis-jenis file yang “sehat” dan ‘berbahaya”, maka kita dapat menjadi “antivirus” secara manual. Maka Anda akan mudah mengantisipasi sekaligus menghapus (mendelete) file-file yang berbentuk virus. Dan umumnya adalah file-file aneh yang berektensi .exe (executable file), dan umumnya adalah file-file yang tersembunyi. Jadi, jika ada flash disk yang masuk ke PC/NB, silahkan cek apakah ada file-file /exe yang “aneh”. Jika anda menemukanya, sebaiknya di delete dan jangan pernah diklik, kecuali file .exe adalah installer.

Langkah-langkahnya:

  1. Klik My Computer
  2. Bagian atas toolbar, pilih Tools >> Folder Options
  3. Dari submenu folder option, pilihlah View
  4. Dari kotak view, scroll ke bawah dan pastikan/pilih:
    • Hidden Files dan Folders >> Pilihlah Show Hidden Files dan Folders
    • Hilangkan tanda check list untuk : Hide Extentions for known file types
    • (Optional) Hilangkan tanda check list untuk : Hide protected operating systems file (Recommended)
  5. Terakhir kliklah Applydan/ atau OK.

Berikut file-file umum (jarang terinfeksi) yang relatif bersih dari infeksi virus : .doc (dokumen Word), .pdf (file acrobat), .mp3 (lagu), .xls (dokumen Excel), video (.avi, .avi, .flv), .cdr, .ppt, .ps, .wav dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, dengan menonaktifkan autorun, PC/NB sudah lebih aman dari biasanya.

Cara Membuat Scroll pada Widget

Jika sudah banyak memasang widget, maka tampilan sidebar bisa terlihat penuh sesak dan berjerjer terlalu panjang ke bawah. Padahal kita ingin semua widget tersebut dilihat oleh pengunjung. Tapi umumnya mereka enggan menscroll halaman terlalu jauh ke bawah, sehingga beberapa widget jelas akan luput dari perhatiannya. Beberapa widget yang cenderung berjejer ke bawah misalnya adalah: arsip blog, label, statistic pengunjung, shout box dan lain-lain. Agar widget blog anda tidak memakan tempat, anda bisa membuat scroll pada widget tersebut.

Nah, begini cara membuatnya.
  1. Login ke Blogger.
  2. Tuju Tata Letak > Edit HTML.
  3. Backup dulu templatenya.
  4. Cari kode seperti ini.
  5. <b:widget id="Profile1" locked="false" title="Mengenai Saya" type="Profile">
    <b:widget id="HTML6" locked="false" title="Jam" type="HTML">
    <b:widget id="BlogArchive1" locked="false" title="Arsip Blog" type="BlogArchive">
    <b:widget id="Label1" locked="false" title="Kategori" type="Label">
    <b:widget id="Followers1" locked="false" title="Pengikut" type="Followers">
    <b:widget id="HTML7" locked="false" title="Statistik Blog Ini" type="HTML">
    <b:widget id="HTML1" locked="false" title="Kotak Chatting" type="HTML">
Nah, kemudian cari kode widget yang akan anda berikan scroll. Misalnya Arsip Blog. Apabila judul widget tersebut adalah Arsip Blog, maka kodenya kira-kira seperti ini.

<b:widget id="BlogArchive1" locked="false" title="Arsip Blog" type="BlogArchive">

Kode title adalah judul dari widget. Apabila tidak diberi judul maka kodenya adalah title=''. Yang harus anda perhatikan dengan seksama adalah kode id='BlogArchive1'. Perhatikan pada bagian BlogArchive1. itu adalah id dari widget Arsip Blog.

Nah, lalu kita cari kode ]]></b:skin>. Nah, lalu ketikkan seperti ini diatasnya.

#BlogArchive1 .widget-content{
height:200px; /* Tinggi yang diinginkan */
width:auto;
overflow:auto;
}

Ganti bagian BlogArchive1 dengan id dari widget yang diinginkan. Misalnya Label1 atau Followers1. Kalau sudah klik Simpan Template.

Selesai!
Semoga blog anda lebih seksi dan lebih enak dipandang.

Cara Membuat Daftar Isi Blog di Halaman Artikel

Seberapa pentingkah daftar isi dari suatu blog? Tergantung dari mana kita menilainya ya sobat. Hehehe.. Tentunya setiap orang mempunyai penilaian dan argument masing-masing. Sebelumnya, Alhamdulillah setelah sekian lama absen dari dunia blogging, akhirnya saya bisa memanfaatkan waktu yang sedikit ini untuk membuka kembali blog yang telah sangat lama saya tinggalkan.

Kembali ke Cara Membuat Daftar Isi Blog di Halaman Artikel, saya rasa beberapa sobat telah mengetahui atau bahkan telah mahir dan master di bidang tersebut. Dan semoga apa yang saya tulis ini tidak mengurangi esensi dari kemahiran sahabat blogger semua. Berawal dari blogwalking, saya menemukan artikel yang bermanfaat dan saya arsipkan disini sobat.

Berikut cara membuat daftar isi blog di halaman artikel tersebut :
  1. Buka Blogspot dan login
  2. Kita buat sebuah postingan baru (Entri Baru), kita pilih edit HTML
  3. Kasih judul Daftar Isi Blog (Ini sebagai misal)
  4. Kemudian copy-kan kode berikut ini ke dalam halaman posting kita
  5. <span class="fullpost"><script style="" src="http://www.abu-farhan.com/script/daftarisiblogger/blogtoc-min.js"></script>
    <script src="http://hariyanto-pay.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
    </span>
  6. Yang di tulis dengan warna biru, silahkan diganti dengan yang nama blog kita.
  7. Terakhir, terbitkan postingan kita
Oya sobat, untuk opsi entri-nya, bisa di setting mundur dalam mempublikasikannya. Kita pilih tanggal mundur, misalnya tanggal saat pertama kali kita posting.

Cara Membuat Judul Post dan Judul Widget Sidebar Berada di Tengah

Secara default blogger telah memberikan tatanan Judul selalu berawal dari samping kiri. Baik itu judul blog, judul posting maupun judul sidebar. Memang sebagian orang ada yang puas dengan letak posisi judul pemberian dari blogger blogger. Namun sebagai seorang yang selalu ingin mengembangkan kreatifitas seperti saya ini pasti selalu kurang puas dengan apa yang telah blogger berikan.

Bila anda ingin mencoba merombak judul sidebar agar rata tengah maka ini langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu :
  1. Login blogger -> design ->edit html
  2. Cari kode .sidebar h2 {
  3. Setelah ketemu tambahkan kode text-align:center; setelah kode .sidebar h2 {
  4. Kalau sudah jangan lupa klik save
Agar Judul Posting berada ditengah atau rata tengah, caranya sama saja dengan langkah di atas cuman bedanya kalau judul sidebar kodenya: .sidebar h2 sedangkan Judul posting kodenya: .post h3Baiklah kalau masih bingung lakukan langkah berikut ini:
  1. Login blogger -> design ->edit html
  2. Cari kode .post h3 {
  3. Setelah ketemu tambahkan kode text-align:center; setelah kode .post h3 {
  4. Kalau sudah jangan lupa klik save
Namun jika sobat tidak juga menemukan kode di atas maka sobat bisa mencari kode ini
.post-title {
kalau sudah menemukannya sobat tambahkan kode ini setelah tanda {
text-align:center;
maka akan terlihat seperti ini
.post-title{text-align:center;
lalu save template sobat dan lihat hasilnya.

Tambahan :
Bila di dalam template anda sudah terdapat elemen .sidebar h2 { maupun .post h3 { sudah terdapat kode text-align:left; maka anda cukup mengganti left; menjadi center;
Agar lebih jelas, perhatikan kode berikut ini:
  • text-align: left; artinya tulisan rata kiri
  • text-align: center; artinya tulisan rata tengah
  • text-align: right; artinya tulisan rata kanan
Itulah tadi tips Membuat Judul Post dan Judul Widget Sidebar Berada Di Tengah mudah mudahan jelas dan bermanfaat. Jika masih belum jelas atau ada tulisan yang salah mari kita sharing karena kita juga sama-sama belajar.

Cara Membuat Scroll Pada Widget Label

Tutorial memasang label dengan fungsi scroll ini sengaja saya tulis semata-mata untuk membantu blogger yang mempunyai banyak label/kategori dalam blognya. Jika di pasang semua tentunya akan makan tempat, dan mungkin bisa membuat blog jadi timpang alias panjang sebelah antara postingan dengan sidebar.

Menu scroll tentunya sudah banyak yang tau, menu ini dapat ditarik ke bawah dan ke atas. Cara membuatnya sangat mudah, hanya dengan menyisipkan sedikit kode HTML maka jadilah label dengan fungsi scroll.

Untuk membuatnya, silahkan ikuti dengan cermat langkah-langkahnya berikut ini :
  1. Login ke blogger dengan ID sobat tentunya.
  2. Buatlah Label dengan menambah Gadget pada sidebar, jangan lupa beri judul.
  3. Anggap saja sobat telah membuat judul labelnya dengan nama “Kategori”.
  4. Sekarang tuju ke Edit HTML.
  5. Klik Expand Template Widgets.
  6. Cari label yang sudah sobat buat tadi, dengan CTRL+F dan ketikkan “Kategori”, maka akan muncul kode HTML yang ribet, tapi jangan pusing melihat kode HTML tersebut.
  7. Perhatikan tulisan yang berwarna biru dibawah ini, kode itulah yang harus disisipkan kedalam label yang sudah sobat buat.
  8. <b:widget id='Label1' locked='false' title='Kategori' type='Label'>
    <b:includable id='main'>
    <b:if cond='data:title'>
    <h2><data:title/></h2>
    </b:if>
    <div expr:class='&quot;widget-content &quot; + data:display + &quot;-label-widget-content&quot;'>
    <div style='overflow:auto; width:ancho; height:250px;'>
    <b:if cond='data:display == &quot;list&quot;'>
    <ul>
    <b:loop values='data:labels' var='label'>
    <li>
    <b:if cond='data:blog.url == data:label.url'>
    <span expr:dir='data:blog.languageDirection'><data:label.name/></span>
    <b:else/>
    <a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url'><data:label.name/></a>
    </b:if>
    <b:if cond='data:showFreqNumbers'>
    <span dir='ltr'>(<data:label.count/>)</span>
    </b:if>
    </li>
    </b:loop>
    </ul>
    <b:else/>
    <b:loop values='data:labels' var='label'>
    <span expr:class='&quot;label-size label-size-&quot; + data:label.cssSize'>
    <b:if cond='data:blog.url == data:label.url'>
    <span expr:dir='data:blog.languageDirection'><data:label.name/></span>
    <b:else/>
    <a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url'><data:label.name/></a>
    </b:if>
    <b:if cond='data:showFreqNumbers'>
    <span class='label-count' dir='ltr'>(<data:label.count/>)</span>
    </b:if>
    </span>
    </b:loop>
    </b:if>
    <b:include name='quickedit'/>
    </div>
    </div>
    </b:includable>
    </b:widget>
  9. Jangan lupa Simpan Template.
Untuk kode height:250px adalah tinggi label scroll, silahkan sobat ganti dengan angka yang lebih tinggi jika ingin tampilan menu label yang lebih tinggi.

Cara Membuat Scroll pada Arsip di Blog

Untuk membuat arsip blog memiliki fungsi scroll sangat mudah, dan untuk membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Masuk ke blogger
  2. Klik Tata Letak
  3. Klik Elemen Halaman
  4. Tambahkan sebuah elemen halaman => Tambah elemen Arsip Blog
  5. Tapi Anda harus pilih gaya Hierarki
Pada Menu Diatas Itu belum terdapat fungsi scroll, untuk membuatnya memiliki fungsi scroll ikuti langkah-langkahnya lagi !
  1. Setelah itu, klik Edit Html
  2. Beri tanda centang pada tulisan Expand Widget Template
  3. Lalu Anda cari kode seperti ini
  4. <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'>
    <b:includable id='main'>
    <b:if cond='data:title'>
    <h2><data:title/></h2>
    </b:if>
    <div class='widget-content'>
    <div style='overflow:auto; width:ancho; height:100px;'>
    <div id='ArchiveList'>
    <div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'>
    <b:if cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;'>
    <b:include data='data' name='interval'/>
    </b:if>
    <b:if cond='data:style == &quot;FLAT&quot;'>
    <b:include data='data' name='flat'/>
    </b:if>
    <b:if cond='data:style == &quot;MENU&quot;'>
    <b:include data='data' name='menu'/>
    </b:if>
    </div>
    </div></div>
    Kode warna biru dan merah adalah kode yang ditambahkan kedalam script tersebut
    Kode warna merah yang dicetak tebal adalah tinggi dari elemen tadi, silahkan kawan ganti agar sesuai dengan blog kawan.

Cara Manyimpan Artikel Web/Blog menjadi PDF dengan JoliPrint

Ketika kita membaca sebuah artikel atau tutorial di internet, terkadang kita ingin menyimpan tutorial tersebut sehingga bisa kita baca offline atau sebagai koleksi kita. Ada berbagai cara untuk melakukan hal ini, misalnya menyimpan menjadi gambar, dalam format mhtml, maff dan lainnya. Salah satunya alternatif lain adalah menyimpan dalam bentuk PDF, dan pendatang baru dalam hal ini adalah JoliPrint.

Ketika menyimpan artikel biasanya kita tidak ingin menyertakan berbagai konten yang tidak penting, seperti misalnya iklan, sidebar (menu-menu bagian kiri/kanan), footer (menu/isi bagian bawah), header dan lainnya, kita hanya ingin isi artikelnya saja. Nah, dengan JoliPrint kita bisa mendapatkan hal ini.

JoliPrint akan menyimpan artikel sebuah web/blog dengan hanya memasukkan link artikel tersebut. Tidak seperti konversi ke PDf lainnya yang biasanya menyertakan semua isi website, termasuk iklan, menu-menu atas, kiri dan bawah termasuk gambar yang bukan bagian artikel, JoliPrint hanya akan membuat halaman PDF untuk konten dan apa yang dianggap penting saja.

Tampilan hasil PDF juga terlihat lebih baik, karena ditampilkan menjadi 2 kolom dan gambar yang ada ukurannya akan otomatis disesuaikan. Selain tampilan yang lebih bagus dan enak dibaca, ukuran file PDF biasanya menjadi lebih kecil.

Contoh tampilan PDF hasil konversi artikel:

Bagi pemilik web atau blog, baik bagi yang menggunakan CMS (Content Management System) atau web blog hosting seperti blogger, wordpress.com juga bisa menyertakan link download pdf dengan menambahkan link yang bisa diperoleh dari websitenya. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi web JoliPrint

Tips Mendeteksi Keberadaan Virus

Tips ini mungkin bermanfaat, terutama disaat komputer kita atau teman kita kok tiba-tiba “aneh”. Ada beberapa indikasi yang mungkin bisa dijadikan dasar untuk memperkirakan apakah komputer kita terinfeksi virus (Untuk Sistem Operasi Windows), diantaranya :
  1. Komputer mulai berjalan sangat lambat, ini juga bisa terjadi karena banyaknya program yang kita install dan berjalan di background
  2. Munculnya file-file aneh di folder tertentu. Misalnya file yang bernama sama dengan file dokumen atau nama folder
  3. Komputer sering restart atau mati sendiri sewaktu-waktu atau kita membuka program khusus seperti Task Manager, anti virus dan lainnya
  4. Adanya logo tertentu jika kita klik kanan My Computer > Properties
  5. Hilangnya beberapa opsi di komputer atau program tidak bisa berjalan, seperti tidak bisa membuka Folder Options atau menunya hilang, tidak bisa menjalankan Registry Editor, Membuka kotak Run, Command Prompt dan lainnya
  6. Program Anti virus dan sejenisnya tidak bisa berjalan
  7. Terkadang muncul pesan-pesan aneh seperti puisi dan sejenisnya
Jika komputer anda mengalami beberapa indikasi diatas, berikut tips untuk mencari lokasi virus yang kemungkinan menyerang komputer kita.

Sebelumnya ada tools/program yang diperlukan, yaitu Autoruns yang merupakan merupakan bagian dari tools SysinternalsSuit Selengkapnya juga bisa dilihat disini.

Untuk melakukan pengecekan, pertama-tama silahkan dibuka program Autoruns, kemudian pilih tab Logon. Daftar yang ditampilkan merupakan file-file atau program yang berjalan bersama Windows ketika kita mengaktifkan komputer. Jika ada file-file yang aneh atau tidak penting maka bisa di non aktifkan, dengan menghilangkan tanda check. Tetapi hati-hati, jangan salah menonaktifkan program, karena bisa berakibat Windows tidak berhasil hidup. Berikut beberapa daftar yang merupakan program atau aplikasi yang dimiliki Windows dan sebaiknya tetap dibiarkan, jangan dihilangkan tanda checknya :
  1. rdpclip, merupakan aplikasi utama yang menangani masalah Copy File. Menyediakan fungsi bagi Terminal Services server yang mengijinkan copy dan paste antara server dan client. Program is important penting untuk kestabilan dan keamanan komputer, jadi biarkan saja
  2. userinit, merupakan kunci proses di sistem operasi Windows. Pada proses boot-up aplikasi ini mengatur urutan start up yang diperlukan, seperti Koneksi jaringan, dan Windows Shell. Program ini sangat penting, jangan dimatikan
  3. explorer, merupakan program manager atau Windows Explorer. Aplikasi ini mengatur Tampilan Windows, Start Menu, taskbar, DEsktop dan File Manager. Jika dimatikan maka tampilan/antarmuka windows tidak akan muncul.
  4. ctfmon, merupakan proses aplikasi yang dimiliki Microsoft Office, mengatur masalah Alternative User Input Text Input Processor (TIP) dan Microsoft Office XP Language Bar. Program ini tidak harus jalan, tetapi sebaiknya tidak dimatikan.
Ketiga file pertama merupakan aplikasi yang biasanya senantiasa ada di sistem operasi windows (kecuali windows 9x / ME, yang mungkin hanya userinit dan explorer), dan seharusnya dibiarkan saja, sedang aplikasi keempat muncul jika terdapat aplikasi Microsoft Office di sistem. Dan penting diperhatikan bahwa dua aplikasi pertama diatas (rdpclip dan userinit) lokasinya (kolom Image Path) ada di C:\Windows\sistem32, aplikasi explorer ada di folder C:\Windows, sedang ctfmon ada di folder C:\Windows\sistem32, dengan asumsi kita install Sistem operasi di Drive C:. Selain keempat file diatas, bisa dicermati lokasi filenya dikolom Image Path, Apakah file tersebut merupakan anti virus, anti spyware, Sound manager, tools untuk printer dan sebagainya. Jika ada aplikasi yang lokasinya di tempat aneh atau di windows system, tetapi kita tidak mengenalinya atau tidak pernah menginstall aplikasi tersebut, bisa jadi merupakan virus.

Ada beberapa hal ketika kita mencermati daftar yang ada dalam Autoruns tersebut. Terkadang virus, Trojan, Malware dan sejenisnya akan menggunakan nama yang sama atau mirip dengan aplikasi yang dimiliki windows seperti explorer, expiorer, exploler, spooler dan sebagainya, maka perlu dicermati nama dan lokasinya. Misalnya ada nama explorer tetapi lokasinya bukan di C:\Windows, maka bisa jadi adalah virus. Selain itu, jika kita hilangkan tanda check program atau aplikasi tertentu kemudian setelah beberapa waktu di refresh kembali lagi atau muncul lagi, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut merupakan salah satu virus.

Jika ingin mengetahui deskripsi tentang suatu proses aplikasi, bisa dilihat alamat ProcessLibrary.com.
Semoga bermanfaat.

Tips Mengatasi Booting/Loading Komputer yang Lambat

Ada beberap hal yang bisa kita cek untuk mengetahui permasalahan ini. Hal mendasar yang harus diperiksa adalah program apa saja yang berjalan ketika windows tampil. Untuk mengetahuinya bisa di periksa dengan tools seperti Autoruns. Lihat di Tab Logon terutama bagian HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run sampai kebawah.



Daftar yang ada merupakan program yang akan selalu dijalankan bersamaan dengan windows. Jika ada program yang tidak dikenal, mencurigakan atau aneh, hilangkan tanda check disampingnya, yang berarti program tersebut tidak akan dijalankan ketika windows start. Atau program yang hanya meminta Update atau aplikasi lainnya yang tidak begitu penting, hilangkan saja tanda checknya (baca juga disini)

Setelah selesai, kemudian Restart Komputer, dan periksa apakah loading masih juga lambat. Jika masih lambat maka perlu dicek Sistem-nya dengan langkah sebagai berikut :

1. Buka Event Viewer (Control Panel > Administrative Tools > Event Viewer)
2. Setelah tampil, dari daftar di sebelah kiri dibagian Even Viewer (Lokal) pilih System, akan ditampilkan keterangannya/pesan disebelah kanan (Informations, Error dan warning)



Dengan spesifikasi komputer standard saat ini, untuk menampilkan windows [XP] secara penuh seharusnya kurang dari satu menit atau sekitar itu. Tetapi jika tampilnya lebih dari 2 menit atau berhenti lama sebelum desktop (icon, start menu dan lainnya) tampil penuh, kemungkinan ada yang bermasalah windows-nya.

3. Hapus pesan yang ada, dengan cara memilih menu Action > Clear All Events. Ketika muncul konfirmasi akan disimpan, klik saja yes untuk menyimpan semua pesan tersebut. Setelah daftarnya kosong, Restart Komputer
4. Ketika loading biarkan sampai windows tampil penuh, setelah selesai, periksa kembali Event Viewer bagian System (seperti diatas)
5. Coba diamati, terutama bagian Error atau Warning. Periksa kolom waktuya (Time), jika selisih waktu antara pesan tersebut dengan pesan d atasnya cukup jauh (mungkin lebih dari 1 atau 2 menit), maka kemungkinan permasalahannya disitu. Double klik untuk mengetahui permasalahannya

Jika kita bisa memahami permasalahan/deskripsinya maka coba langsung diatasi. Tetapi mungkin sebagian akan kesulitan membaca pesan tersebut, apalagi ada informasi yang sama sekali aneh. Jika seperti itu, catat atau perhatikan pesan yang ada, kemudian kita tanya ke ahlinya (perlu koneksi ke Internet) yaitu dengan membuka alamat ini : http://www.microsoft.com/technet/support/ee/ee_basic.aspx.

Bagaimana Selanjutnya ?
Setelah membuka link tersebut, tampil seperti berikut.



Coba gunakan pencarian yang diatas, jika tidak brehasil gunakan pencarian bagian bawah. Bisa dimasukkan kode event ID atau sebagian isi dari Description. Seharusnya akan ditampilkan artikel atau pembahasan mengenai permasalahan yang ada.
(http://ebsoft.web.id)

Komputer Kamu Loading Lambat, Mau Tau Penyebabnya?

Banyak sekali faktor-faktor yang bisa menyebabkan komputer kita menjadi lambat. Di sini saya membedakannya menjadi faktor internal dan eksternal

Faktor Internal:

1. Banyak aplikasi yang terinstal
Jika ingin menginstal software sebaiknya yang penting dan dibutuhkan saja, jangan terlalu banyak menginstal software yang tidak digunakan. Hal ini secara otomatis akan mengambil space komputer sehingga pada akhirnya akan mengganggu kerja komputer itu sendiri. Jika sudah terlanjur terinstal, anda dapat menghapusnya dengan cara meng-uninstall aplikasi tersebut dari Control Panel.

2. Banyak file sampah
Ini mungkin yang sering dilupakan banyak orang, yaitu tidak mengetahui file-file sampah yang seharusnya dibuang. Yang dimaksud file-file sampah adalah: file pada Recycle Bin, cookies, histroy IE, file bak, file temporary, dll).

Ketika menghapus file yang tidak digunakan, tidak secara otomatis file tersebut akan terhapus dari hardisk. Sebenarnya masih tersimpan dalam folder Recycle Bin, dan jika kita ingin mengambil file tersebut masih bisa. Hapuslah file-file dalam Recycle Bin karena seluruh file tersebut masih mengambil ruang hardisk. Pastikan Anda telah memilih file-file yang memang sudah tidak digunakan lagi, karena ketika mengosongkan seluruh file pada Recycle Bin maka file-file akan terhapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Cookies juga merupakan file sampah yang harus dibersihkan. File tersebut akan selalu muncul ketika sedang melakukan koneksi ke jaringan internet. Anda bisa menghapus cookies dalam Internet Options pada masing-masing browser (IE, Mozilla, Netscape, dll) yang digunakan. Selain cookies, History juga mempengaruhi sistem komputer. Semakin banyak History yang tersimpan semakin besar pula memori yang dibutuhkan.

File-file History secara otomatis akan muncul ketika melakukan koneksi ke jaringan internet. Apabila tidak dibersihkan akan mempengaruhi kerja komputer. Bersihkan file history pada menu Tools > Internet Option pada masing-masing browser yang digunakan.

Ada bebeberapa aplikasi yang secara otomatis menyimpan file cadangan (backup) seperti bak, backup, dan lain-lain. Jadi ketika menyimpan sebuah file, maka file lama akan tetap ada dengan format yang berbeda yaitu file.BAK. Bersihkan file-file ganda yang tidak digunakan, namun harus dipastikan bahwa file terakhir tersimpan adalah file yang akan dipakai.

3. Banyak aplikasi yang terbaca ketika Start Up
Beberapa software ketika pertama kali diinstal menyediakan pilihan yaitu: ikon ditambahkan pada Desktop dan ikon ditambahkan pada Taskbar Quick Launch. Sebaiknya tidak perlu meletakkn ikon program tersebut dalam taskbar karena ketika pertama kali sistem operasi bekerja (Start Up) maka akan membutuhkan waktu lama untuk mengaktifkan program tersebut. Memang secara sepintas akan memudahkan kita menjalankan program tersebut karena tinggal mengklik ikonnya dalam taskbar, namun sebenarnya menjadi beban sistem komputer karena harus menyediakan memori tersendiri.

Hal ini akan memperlambat kerja komputer. Aturlah beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan dengan cara mengatur konfigurasi. Jalankan menu Start kemudian pilih Run, ketikkan msconfig. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan ketika Start Up.

4. Manajemen Sistem tidak teratur
Komputer yang sering digunakan juga memerlukan penyegaran, salah satunya adalah dengan cara melakukan Scandisk dan Defragmentasi secara rutin minimal satu bulan sekali. Idealnya satu minggu sekali, tergantung frekuensi penggunaan komputer. Meskipun sesuatu yang sepele, namun sering dilupakan banyak orang. Lakukan Scandisk secara rutin untuk memperbaiki hardisk yang sering crash akibat litrik mati secara mendadak atau hang.

Selain melakukan Scandisk, yang tak kalah pentingnya adalah Defragmentasi secara berkala. Hal ini sangat berguna ketika tingkat penggunaan komputer tinggi. File-file perlu ditempatkan sebagaimana mestinya agar ruang kosong tidak berantakan. Jika ruang penempatan file berantakan bisa mengakibatkan kerja komputer lambat.

5. Pilih Kinerja atau Penampilan
Bagi pengguna Windows XP sebaiknya memperhatikan hal ini agar kerja komputer lebih cepat. Memang penampilan Windows XP sangat bagus, ikon-ikon yang ditampilkan berwarna-warni dengan efek mengkilap. Perlu diketahui, tampilan windows yang bagus tersebut membutuhkan memori yang tidak sedikit. Makanya jangan heran bila semakin lama kerja komputer semakin lambat.

Windows XP menyediakan dua pilihan yaitu Adjust for Best Appereance atau Adjust for Best. Jika memilih Adjust for best app maka lebih mengutamakan penampilan sehingga kinerja komputer mememerlukan memori yang lebih. Hal ini berpengaruh pada kinerja komputer. Sedangkan jika memilih Adjust for best performance maka lebih mengutamakan kinerja komputer dibandingkan penampilan sehingga tampilan Windows XP akan nampak seperti biasa tanpa efek bayangan ataupun mengkilap seperi windows versi sebelumnya.

6. Proses Shutdown tidak sesuai perosedur
Komputer yang sangat lambat bekerja membuat kita kesal dibuatnya, makin hari kian lambat saja. Kadang-kadang komputer langsung hang secara mendadak ketika sedang asyik bekerja. Kita akan mematikan komputer tersebut dengan cara menekan tombol Restart atau Booting. Hal ini dikerenakan kita tidak bisa mematikan komputer melalui proses Shutdown karena semua tombol keyboard tidak berfungsi.

Apabila sering mematikan komputer melalui tombol Booting, lama-lama bisa mengakibatkan sistem operasi tidak berjalan normal dan hardsik akan mengalami kerusakan (bad sector). Hal ini akan memperparah keadaan karena file-file sistem yang ada pada bad sector tidak dapat terbaca, sehingga komputer sering mengalami mati mendadak (hang).


Faktor Eksternal

1. Tegangan listrik yang tidak stabil
Listrik merupakan faktor utama pemicu lambatnya komputer dari tegangan yang tidak stabil. Setiap komputer memerlukan adanya aliran listrik yang memadai agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apabila tegangan listrik rendah, komputer tidak dapat beroperasi dengan baik. Begitu pula sebaliknya, jika tegangan listrik terlalu tinggi mengakibatkan komputer akan cepat panas dan mempengaruhi komponen penting dalam komputer.

Ada kalanya tegangan listrik yang ada di rumah kita tidak berjalan stabil alias naik turun. Hal tersebut bisa ditimbulkan oleh penggunaan listrik yang bersama-sama. Misal: menghidupkan televisi, mesin air, lemari es (kulkas), dan komputer secara bersama-sama. Suatu saat mematikan mesin air yang tidak digunakan. Nah, jika kondisinya seperti itu tegangan akan mengalami perubahan naik-turun dan inilah faktor penyebab komputer dan monitor menjadi rusak.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya menggunakan UPS/stabilizer agar ketika listrik mati secara mendadak masih ada aliran listrik dan dapat melakukan shutdown sesuai prosedur.

2. Lingkungan yang berdebu
Debu dapat masuk ke dalam komputer tanpa disadari karena masuk melalui ventilasi cashing komputer yang kecil. Dan proses masuknya debu ke dalam komputer sangat lama, memerlukan waktu minimal tiga bulan tergantung lingkungan rumah kita. Meskipun lingkungan rumah sudah bebas dari debu, jangan menganggap komputer juga terjamin bersih dari debu.

Debu yang menempel pada komponen komputer dapat mengakibatkan sistem kerja komputer akan terhambat. Bersihkan menggunakan kuas yang lembut, jangan menggunakan kemoceng karena bulu-bulunya akan rontok sehingga malah memperparah keadaan.

Komputer yang bekerja makin lambat perlu diidentifikasi sedini mungkin agar faktor-faktor penyebabnya dapat diniminalisasi. Oleh karena setiap hari bergelut dengan komputer, sedikitnya harus dapat menangani sendiri jika komputer mengalami masalah. Periksa dulu apa penyebab komputer tersebut menjadi lambat, jika sudah ditemukan faktor pemicunya segera atasi sendiri sebelum meminta bantuan orang lain.

Penyebab Komputer Lambat Loading

Komputer yang saya bahas kali ini adalah komputer secara umum, baik itu PC (Personal Computer) ataupun Laptop. Bila saat kamu mengalami komputer kamu tiba-tiba menjadi lambat itu adalah kejadian yang sangat wajar, Sekali lagi kondisi ini wajar, karena memang seperti inilah seharusnya komputer itu. Sangat mustahil bila komputer kita akan selalu sama kinerjanya dari tahun ke tahun. Beberapa penyebabnya adalah:
  1. Banyak program yang tidak terlalu dibutuhkan atau sama sekali tidak dibutuhkan terinstal di dalam system, solusinya uninstall program itu.
  2. Bila kita menginstal antivirus, kemungkinan virus-virus yang sudah terdeteksi dan masuk dalam karantina antivirus belum kita bersihkan, solusinya bersihkan virus yang masuk dalam karantina.
  3. Disebabkan oleh beberapa hal, system komputer anda mengalami crash atau bahkan korup. Biasanya akan muncul peringatan error di sana sini, solusinya install ulang windows dan program lainnya.
  4. Temporary file di system anda sudah menumpuk banyak, solusinya hapus file temporary.

Selain permasalahan diatas, yaitu permasalahan tentang software, maka lambatnya komputer bisa juga disebabkan oleh perangkat kerasnya

  1. Memory, memory komputer kamu sudah tidak lagi mendukung program-program baru yang biasanya membutuhkan memori yang lebih besar lagi.
  2. Hardisk, hardisk sebagai tempat penyimpan data memiliki umur terbatas, sehingga semakin lama usianya akan semakin turun kinerjanya.
  3. Prosesor, dalam hal ini pengaruh prosesor tidak terlalu besar, karena prosesor akan bekerja sesuai dengan desainnya, kalaupun bisa ditingkatkan kemampuannya hanya dengan cara OVER CLOCK.
  4. Kipas prosesor, kipas sebagai alat pendingin prosesor memiliki peran penting dalam menjaga keawetan prosesor, karena kipas yang bekerja kurang maksimal akan membuat prosesor cepat panas, dan mengakibatkan kerusakan pada motherboard.
  5. VGA (Video Graphic Accelerator), perangkat satu ini porsinya sama seperti prosesor, dia bekerja pada porsi yang sudah ditentukan desainnya, semakin tinggi kebutuhan grafis sebuah program maka akan semakin tinggi pula kebutuhannya terhadap kualitas VGA.
  6. Debu, yang satu ini tidak berpengaruh bila dalam jangka waktu pendek, tapi akan sangat berpengaruh dalam jangka waktu panjang.
Dalam komputer kita mengenal bahwa komputer dijalankan oleh sistem dengan istilah OPERATING SYSTEM (OS). Banyak sekali OS yang ada, mulai dari OS berbayar sampai dengan OS yang gratis. Beberapa OS dikenal adalah WINDOWS, LINUX dan ANDROID. Akan tetapi orang lebih familier dengan windows walaupun harganya sangat mahal. Satu keping CD windows bisa berharga sekitar 1 juta, bahkan lebih, tapi hal ini disiati dengan windows bajakan.

Bicara tentang windows, maka ada baiknya anda menyesuaikan kemampuan komputer dengan windows yang anda gunakan. Begitu juga kemudian bila anda hendak menginstal program, akan lebih baik bila anda mempertimbangkan 2 hal, yaitu spesifikasi komputer dan windows.
Untuk permasalah yang disebabkan oleh software sudah saya berikan solusinya, tapi untuk permasalahan pada hardware perlu dibicarakan lebih lanjut, karena ini menyangkut tentang dana yang akan dikeluarkan.

5 Langkah Sederhana Membersihkan RAM Komputer Lambat

Mungkin bagi para master merupakan hal yang biasa, jadi tips ini buat yang belum biasa aja dech he..he.. Terkadang, komputer kita bakal menjadi lambat setelah beberapa lama dipakai. Apalagi kalo kita banyak menggunakan software yang berat2 seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Sony Soundforge dsb.

Biasanya setelah kita pakai aplikasi tersebut, komputer kita terasa lambat. Kemungkinan itu terjadi karena masih ada bekas data yang tersimpan dalam RAM, sehingga komputer kita pun jadi lambat. Salah satu cara untuk membersihkan RAM adalah dengan merestart komputer terlebih dahulu. Tapi kayanya ribet banget ya?

Gue punya cara yang lebih simpel yang bisa dilakuin oleh semua kalangan, awam maupun mahir. Perhatikan caranya di bawah ini:
  1. Klik kanan mouse di desktop, pilih New - Shortcut.
  2. Ketik %windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks pada kolom isian yang muncul.
  3. Klik Next.
  4. Beri nama shortcut tadi, nama yang dapat diberikan bebas sesuai keinginan kamu, atau kamu lewat aja, namanya otomatis jadi rundll32.exe.
  5. Klik Finish.
  6. Kapan aja komputer kamu terasa lambat, klik shortcut yang udah kamu buat tadi untuk membersihkan RAM. Sebetulnya prinsip kerjanya mungkin sama aja kaya RAM Booster atau aplikasi sejenisnya, tapi ga kalah ko seperti software2 lainnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Cara Sehat Makan: Dengarkan Badan Kamu

Meski artikel diet banyak saya tulis seperti: Diet Ala Rasulullah SAW dan masih banyak lagi, tetap saja masalah kelebihan berat badan menjadi masalah yang tidak mudah diselesaikan. Penyebabnya sederhana, karna setiap orang itu unik, punya kebutuhan yang beda karena gender, umur, riwayat leluhur, dan gaya hidup (aktifitas).

Lalu bagaimana cara diet yang bisa diterapkan pada saya, kamu, bahkan semua orang di dunia ini? Untungnya Tuhan menciptakan tubuh kita ini unik, yakni tubuh sebenarnya bisa menyeimbangkan dirinya sendiri dengan setiap keunikan kita. Karena itu milikilah mentalitas diet dan mendengarkan apa yang benar-benar tubuh kita perlukan.

Tahu Rasa Lapar Yang Sebenarnya
Banyak orang yang tak pernah mendengarkan sinyal yang dikirim tubuh. Kita makan karena alasan emosional, karena rasa bosan atau bahkan ketika benar-benar kenyang.
Buat skala 1 sampai 5, 5 untuk sangat lapar, tanya pada diri sendiri seberapa laparkah saya? Coba kenali ketika kamu terlalu lama tanpa bahan bakar dan pada skala 5. Atau kamu makan pada angka 1. Usahakan makan hanya ketika angka antara 2 – 3 untuk mencegah makan berlebihan.

Buat Jurnal Makanan, Hubungan Makanan dan Perasaan
Perhatikan tanda-tanda ketidakseimbangan sesudah makan seperti sakit kepala, sakit perut, kram otot, batuk, lelah, insomnia, gelisah, gemetar, otot lemah, konsentrasi buruk, pucat.
Hal ini membantu kamu menemukan makanan yang tidak berkhasiat untuk tubuh kamu.

Dekontruksi Ingin Makan
Ingin makan adalah pesan yang disampaikan untuk membantu kamu menciptakan keseimbangan di dalam badan. Bisa mengenali mengapa kamu ingin makan sesuatu dapat membantu kamu mencegahnya pada kali berikutnya. Apakah ingin makan karena emosional atau pengaruh musim? Apakah kamu makan terlalu banyak garam sehingga ingin makan yang manis-manis? Atau karena kekurangan vitamin? Tanya pada diri sendiri apa yang benar-benar diinginkan tubuh kamu saat ini.

Makan Untuk Bahan Bakar
Selalu pilih makanan yang kamu tahu sehat dan baik untuk kamu sendiri.
Bayangkan makanan sebagai bahan bakar yang membuat mesin badan bisa jalan secara paling efisien untuk waktu terlama. Pelajari apa makanan bahan bakar kamu.

Sepuluh Persen Makan Untuk Kebahagiaan Murni
Melaparkan diri tidak efektif. Kenali makanan kebahagiaan kamu.
Makan dengan rasa senang tanpa rasa bersalah. Lakukan 10% dari waktu akan membantu kamu membangun hubungan yang sehat dengan makanan.

Mulai dengarkan badan kamu sekarang juga, dan bebaskan diri kamu dari siklus diet yang tak ada habisnya.
Selamat mencoba!

4 Tips Trik Menghapus Virus Baru Yang Tidak Terdeteksi Antivirus

Tulisan ini ditujukan untuk membasmi virus-virus baru dan virus Indo yang tidak terdeteksi oleh antivirus yang dipakai pada komputer. Dan juga buat yang bete kalau harus scan komputer cari virus berjam-jam padahal dengan cara ini paling 10 menit beres. Semoga bisa berguna dan bermanfaat.

Bagi netter yang komputernya suka terkena virus, mungkin panduan berikut di bawah ini bisa berguna. Secara teori cara ini bisa membunuh 90% yang beredar, hanya virus macro (word, excel) dan virus yang merusak file (extension EXE) yang susah dibersihkan dengan cara ini, walau bisa dicegah penularannya.

Membasmi Virus Dengan Command Windows

Bila netter merasakan komputer terkena virus, trojan dan spyware (dalam hal ini kita kategorikan semuanya sebagai virus aja), yang biasanya dengan indikasi ada tampilan yang tidak biasanya pada desktop, program yang digunakan dan browser. Sebaiknya langsung menempuh langkah berikut ini:

1. Tahap Pertama, Matikan Virus di Memori
Tekan Ctrl + Alt + Del untuk menampilan Windows Task Manager - Lalu ke bagian "Processes", terus klik bagian "User Name" untuk mengurutkan file yang diproses pada memori. Setelah itu, lihat ada bagian yang mencurigakan atau tidak. Bila banyak yang di-loading pada memori, sebaiknya dimatikan dahulu startup yang otomatis ter-loading pada bagian bawah kanan (ikon speaker dan jam). Matikan semua ikon-ikon tersebut dengan cara "quit" atau "exit" dari programnya.

Loading virus ke memori biasanya berupa EXE file. Langkah ini untuk mencegah virus untuk menyebar terlebih dahulu lewat memori kita. Matikan semua file EXE yang loading di memori kita yang sudah kita urutkan sebelumnya berdasarkan "User Name". Jangan mematikan file yang kategori "System", "Local Service", dan "Network Service", karena bisa membuat sistem kita Hang atau Freeze.

2. Tahap Kedua, Non-aktifkan Virus di Startup
Untuk menon-aktifkan virus supaya tidak terloading ke memori, kita harus membuangnya di startup. Caranya kita bisa menggunakan perintah MSCONFIG, klik menu Start>Run>msconfig - setelah itu akan tampil "System Configuration Utility". Lalu pilihlah "Startup", dalam kasus ini sebaiknya netter yang tidak mengerti mana yang loading virus mana yang bukan, sebaiknya pilih "Disable All". Nantinya netter baru aktifkan kembali startup yang diinginkan kalau virus sudah bersih.

Bila netter yang mengerti file yang loading mana file yang diperlukan, dan mana yang tidak, atau mana yang virus atau bukan, sebaiknya menbuang conteng (check box) pada kotak bagian kiri untuk yang dicurigai sebagai virus. Cara ini akan menonaktifkan virus di startup kita.

3. Tahap Ketiga, Hapus File Virus dari Komputer
Carilah dengan menggunakan fasilitas "search" pada WIndows, klik menu Start>Search, lalu carilah file EXE virus (contoh: Happy.exe) yang sebelumnya loading di memori atau startup. File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari WIndows. Setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut.

4. Tahap Keempat, Hapus Virus dari System Registry
Tahap ini adalah tahap terakhir. Kita harus menggunakan perintah REGEDIT untuk mengubah dan men-delete virus dari registry kita. Pilihlah Start>Run>regedit - lalu ke menu "Edit" pilihlah "Find" (atau tekan Ctrl+F). Masukkan nama file virus yang ingin kita hapus (contoh: Happy.exe), lalu pilih "Find Next". Apabila ditemukan file virus, hapuslah semua registry yang memuat virus tersebut (berikut dengan foldernya kalau ada).

Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol "F3" atau di menu pilih "Edit" terus "Find Next". Biasanya file virus diletakkan pada beberapa tempat di registry. Jadi pastikan netter menghapus semuanya sampai bersih, dalam arti registry komputer bebas dari loading virus tersebut. Karena kalau tidak pekerjaan ini akan sia-sia.
Membasmi Virus Dengan Bantuan Program Lain

Ada beberapa tools yang sangat berguna bagi netter untuk mempermudah pembasmian virus, antara lain:

CProcess - Tools ini fungsinya seperti "Windows Task Manager" (Ctrl + Alt +Del). Tools ini sangat bagus sekali untuk mengenali mana yang virus atau bukan karena mengandung informasi detil mengenai file yang terloading di memori. Seperti contoh file yang benar (bukan virus) selalu tertulis nama perusahaan pembuatnya (contoh: Windows buatan Microsoft Corp).

Hijack This - Tools yang sangat bagus sekali sebagai pengganti command MSCONFIG. Sering kali virus mematikan hak akses kita terhadap MSCONFIG supaya kita tidak bisa menghapus file virus yang ter-loading ketika Startup. Nah program ini berfungsi untuk menggantikan MSCONFIG yang tidak bisa aktif. Selain itu program ini bisa mendeteksi lebih mendetil seperti spyware yang inject di dalam browser kita (BHO), dan bisa menonaktifkannya..

CCleaner - Tools yang satu ini selain berguna untuk menggantikan command REGEDIT, juga bisa membersihkan virus di registry secara otomatis. Selain itu CCleaner juga bisa mempercepat akses Windows kamu dengan membersihkan semua sampah-sampah di dalam registry kamu.

PCMAV - Program antivirus buatan PC Media ini terbukti sangat ampuh untuk menghapus virus-virus Indo yang kadang-kadang suka rese.

AVG 8 Free Edition - Program antivirus gratis yang sangat powerful untuk mengatasi virus dari luar negeri.

Software ini Process Explorer... sama seperti CProcess. Tiap proses diberi warna tertentu supaya mudah dalam mendeteksi dan membedakan antar proses. Tidak perlu diinstall, bisa langsung jalan.

Diet Ala Rasulullah SAW

Rupanya tanpa kita sadari, dalam makanan yang kita makan sehari-hari, kita tak boleh sembarangan. Hal inilah penyebab terjadinya berbagai penyakit antara lain penyakit kencing manis, lumpuh, sakit jantung, keracunan makanan dan lain-lain penyakit. Apabila anda telah mengetahui ilmu ini, tolonglah ajarkan kepada yang lainnya.
Ini pun adalah diet Rasullulah SAW kita juga. Ustaz Abdullah Mahmood mengungkapkan, Rasullulah tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya karena pandai menjaga makanannya sehari-hari. Insya Allah kalau anda ikut diet Rasullullah ini, Anda takkan menderita sakit perut ataupun keracunan makanan.
Jangan makan SUSU bersama DAGING
Jangan makan DAGING bersama IKAN
Jangan makan IKAN bersama SUSU
Jangan makan AYAM bersama SUSU
Jangan makan IKAN bersama TELUR
Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
Jangan makan SUSU bersama CUKA
Jangan makan BUAH bersama SUSU

Cara Makan:
  • Jangan makan buah setelah makan nasi, sebaliknya makanlah buah terlebih dahulu, baru makan nasi.
  • Tidur 1 jam setelah makan tengah hari.
  • Jangan sesekali tinggal makan malam. Barang siapa yg tinggal makan malam dia akan dimakan usia dan kolesterol dalam badan akan berganda.
Nampak memang sulit.. tapi, kalau tak percaya… cobalah….. Pengaruhnya tidak dalam jangka pendek…. Akan berpengaruh bila kita sudah tua nanti.

Dalam Al-Quran juga melarang kita makan makanan darat bercampur dengan makanan laut.
Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama susu. karena akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika dalam makanan kita ayam bercampur dengan ikan maka akan terjadi reaksi biokimia yang akan dapat merusak usus kita.

Al-Quran Juga mengajarkan kita menjaga kesehatan spt membuat amalan antara lain:
  1. Mandi Pagi sebelum subuh, sekurang kurangnya sejam sebelum matahari terbit. Air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi penimbunan lemak. Kita boleh saksikan orang yang mandi pagi kebanyakan badan tak gemuk.
  2. Rasulullah mengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya Insya Allah jauh dari penyakit (susah mendapat sakit).
  3. Waktu sembahyang subuh disunatkan kita bertafakur (yaitu sujud sekurang kurangnya semenit setelah membaca doa). Kita akan terhindar dari sakit kepala atau migrain. Ini terbukti oleh para ilmuwan yang membuat kajian kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Ahli-ahli sains telah menemui beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yg tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir keruang tersebut.
  4. Nabi juga mengajar kita makan dengan tangan dan bila habis hendaklah menjilat jari.
  5. Begitu juga ahli saintis telah menemukan bahwa enzyme banyak terkandung di celah jari jari, yaitu 10 kali ganda terdapat dalam air liur. (enzyme sejenis alat percerna makanan).
Sabda nabi, Ilmu itu milik Allah, barang siapa menyebarkan ilmu demi kebaikan insya Allah… Allah akan menggandakan 10 kali kepadanya.